Jokowi Kumpulkan Kapolri, Jaksa Agung, dan Kepala Daerah, Jangan Takut Keluarkan Bantuan Sosial

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan Kapolri, Jaksa Agung, dan kepala daerah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos).

Demikian dijelaskan Deputi III Kepala Staf Kepresidenan Bidang Ekonomi Dr Panutan Sulendrakusuma.

Panutan mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menggelar rapat terbatas yang dihadiri oleh Kapolri, Jaksa Agung, dan para kepala daerah pada pekan lalu.

Baca juga: Menantu Jokowi Bobby Nasution Positif Covid-19? Ini Penjelasan Danpaspampres

Dalam rapat tersebut, para pimpinan aparat penegak hukum memberikan jaminan untuk tidak takut menyalurkan bantuan sosial.

“Oleh beliau-beliau ini diberikan jaminan bahwa jangan takut untuk segera mengeluarkan segala bentuk bantuan sosial,” ujar Panutan dalam Dialog Produktif Rabu Utama yang digelar secara daring, Rabu (21/7/2021).

Panutan mengatakan jaminan tersebut diberikan asal tidak ada mens rea atau itikad buruk dan terpenuhinya prinsip-prinsip akuntabilitasnya.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang hingga 25 Juli 2021, Jokowi Anggarkan Bansos Rp 55,21 Triliun

Selain itu, Jokowi juga mendorong kepala daerah melakukan penyerapan anggaran untuk perlindungan sosial.

“Itu segera dilakukan, dan misalnya ada perasaan khawatir mengenai masalah tentang kalau misalnya ada persoalan di belakang hari, itu juga sudah diclearkan Presiden bersama dengan Pak Kapolri Dan Pak Jaksa Agung,” ungkap Panutan.

Langkah ini, menurut Panutan, untuk mempercepat penyaluran bansos kepada masyarakat yang membutuhkan. (*)

Artikel terkait telah tayang di Tribunnews dengan judul Kumpulkan Kapolri, Jaksa Agung, dan Kepala Daerah, Ini Perintah Jokowi

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply