Pengerjaan Patung Bung Karno Tuntas, Pengiriman Terkendala PPKM

SINGARAJA– Proses pembuatan patung Bung Karno akhirnya tuntas.

Patung itu semestinya telah menghiasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno yang ada di Kelurahan Sukasada pada 2018 lalu. Namun tiga tahun berlalu, patung tak kunjung terpasang.

Penyebabnya penyedia jasa kala itu gagal menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga: Picu Kerumunan, Dewan Bali Minta Pos Vaksinasi Massal Ditinjau Ulang

Pada awal tahun 2021, penataan RTH Bung Karno kembali dilanjutkan. Termasuk pembuatan patung Bung Karno.

Kali ini pembuatan patung diserahkan pada seniman kriya logam yang ada di Kabupaten Bantul, Provinsi Jogjakarta. Konon proses pembuatan patung telah dinyatakan selesai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Gede Melandrat mengatakan, pembuatan patung Bung Karno sudah tuntas sepekan lalu.

Pemerintah telah menyerahkan miniatur patung dan fiber sebagai bahan cetakan pembuatan patung. Dari foto dan video yang dikirimkan penyedia jasa, pembuatan patung tersebut sudah tuntas.

Setelah patung tuntas, semestinya pemerintah melakukan pengecekan. Utamanya pengecekan material yang digunakan.

“Itu perlu pengecekan laboratorium. Memastikan campuran logamnya sesuai, tidak di bawah spesifikasi teknis. Tapi karena PPKM Darurat, dan kasus covid-19 di Jogjakarta saat ini sedang tinggi, maka tidak bisa dilakukan. Solusinya dilakukan secara daring,” kata Melandrat.

Rencananya pemerintah akan menunjuk laboratorium independen yang ada di Jogjakarta.

Selanjutnya pengujian akan dilakukan secara daring dengan melibatkan kontraktor penyedia jasa, pemerintah daerah, maupun aparat penegak hukum.

“Kalau pengujian sudah tuntas, baru dikirim ke Buleleng. Kalau materialnya tidak sesuai, kami juga tidak mau menerima,” imbuh Melandrat.

Di sisi lain, pantauan Jawa Pos Radar Bali, kontraktor penyedia jasa terus melakukan proses pembangunan di RTH Bung Karno.

Salah satu sudut yang digarap adalah panggung terbuka di sisi barat RTH. Selain itu ada kolam air mancur yang juga harus diselesaikan.

Memasuki pekan kesembilan pembangunan RTH Bung Karno, capaian pengerjaan proyek telah mencapai angka 17,9 persen.

Sementara target yang ditetapkan dalam kalender kerja pada pekan kesembilan, hanya 9,45 persen.

Artinya, capaian pengerjaan proyek lebih cepat 8,48 persen dari target. Dengan capaian tersebut, pemerintah optimistis pembangunan akan tuntas pada awal Desember 2021 mendatang.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply