Direktur RS Sanglah Akui Nakes Tertular Covid-19 Meski Sudah Divaksin

DENPASAR – Direktur RSUP Sanglah dr I Wayan Sudana mengakui, sejumlah tenaga kesehatan RSUP Sanglah kembali terkonfirmasi positif Covid 19 meski mereka sudah divaksin.

“Memang ada tenaga kesehatan kami yang terkonfirmasi (positif Covid 19),” kata Sudana.

Meski demikian, Sudana enggan menyebut data pastinya.

Baca juga: Penertiban Usaha Nonesensial di Tabanan Mulai Menyasar Perdesaan

“Tapi jumlahnya tidak banyak karena sudah mereka sudah tervaksinasi dua kali,” jawabnya.

Di sisi lain, pemerintah pusat sendiri berencana memberikan vaksinasi Kembali bagi para nakes. Yakni vaksin ketiga sebagai booster (penguat). Rencananya, para nakes akan diberikan vaksin ketiga menggunakan vaksin Moderna dari Amerika Serikat.  

Soal kedua vaksin ini, memang tingkat kemanjurannya berbeda jauh. Dilansir dari beberapa sumber, Sinovac dari hasil uji klinis di Indonesia hanya memiliki efikasi (tingkat kemanjuran) 65 persen, sedangkan Moderna 94 persen. Artinya, bila ada 100 orang divaksin menggunakan Sinovac, ada potensi 35 persen yang tidak muncul kekebalan atas Covid-19. Sedangkan Moderna lebih baik lagi.

Di sisi lain, perkembangan kasus positif Covid 19 di Bali memang cenderung naik. Data harian pada Kamis (15/7/2021) mencatat ada penambahan sebanyak 834 orang dan yang meninggal ada sebanyak 14 orang.

Sedangkan, untuk yang sembuh jumlah juga cukup tinggi, yakni mencapai 420 orang dan kasus aktif saat ini, masih ada sebanyak 5.797 orang.

Peningkatan kasus ini juga membuat pasien Covid-19 di RSUP Sanglah mulai 17 Juni 2021 lalu meningkat. Hingga kini, dari 205 tempat tidur yang disiapkan rumah sakit, 75 persen sudah terisi, baik tempat tidur untuk pasien ICU maupun non ICU.

“Kalau ditotal, itu jumlahnya 75 persen sudah terisi,” ujarnya pada Kamis (15/7/2021).

Meski sudah 75 persen terisi, pihaknya memastikan secata perlengkapan medis, RSUP Sanglah masih aman.

“Stok oksigen masih aman. Begitu juga dengan tenaga kesehatan kami masih siap dan mencukupi,” sebutnya.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply