Terendam Air Laut, Tanaman Padi di Klungkung Terancam Gagal Panen

SEMARAPURA – Gelombang tinggi membuat air laut masuk hingga ke lahan persawahan warga yang berada di sekitar Pantai Sidayu, Desa Sidayu Nyuhaya, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rabu (14/7).

Akibatnya, tanaman padi para petani terancam gagal panen mengingat ada tanaman padi petani yang sudah berumur 60 hari sehingga rawan mati bila terkena air laut.

Salah seorang petani, Ketut Suwarjana ketika ditemui di lahan pertaniannya, Tempek Babakan, Subak Sidayu, menuturkan, ia tidak tahu pasti pukul berapa gelombang tinggi di Pantai Sidayu terjadi.

Baca juga: Dihantam Covid-19 dan PPKM Darurat, Proyek Pasar Gianyar Jalan Terus

Sebab saat ia tiba di lokasi, dilihatnya air laut sudah masuk ke lahan pertaniannya yang berada di pinggir Pantai Sidayu itu.

“Saya dapat informasi kalau air lautnya naik. Waktu sampai di sini, airnya sudah masuk ke lahan persawahan,” ungkapnya.

Air laut itu diungkapkannya masuk di lahan pertaniannya seluas 30 are yang sedang ditanami padi.

Mengingat tanaman padinya tidak hanya berusia 25 hari, namun juga ada yang berusia 60 hari, ia pun mencoba menyelamatkan padi-padinya itu dengan mengeluarkan air laut dari sawahnya dan membilasnya dengan air tawar.

“Kalau tanaman padinya berusia 25 hari, kemungkinan selamatnya lebih besar setelah dibilas dengan air tawar. Tapi yang berusia 60 hari ini untung-untungan. Karena air laut bisa buat tanaman padi gosong sehingga gagal panen,” terangnya.

Masuknya air laut ke lahan pertanian di sekitar Pantai Sidayu, menurutnya kerap terjadi bila air laut pasang. Meski begitu para petani tetap bertahan menggarap lahan pertaniannya itu. Bahkan ia mengibaratkan bertani di pinggir Pantai Sidayu seperti taruhan.

“Kalau gagal panen, kerugiannya berkisar Rp 200 ribu lebih per are,” tandasnya.

Sementara itu, petani Subak Sidayu lainnya, Nyoman Tanu menuturkan gelombang tinggi terjadi sekitar pukul 10.30. Sebagian besar sawah yang ada di sana ditanami ada yang kini berusia 60 hari. Bila terkena air laut, hasil panennya tidak maksimal bahkan bisa menyebabkan gagal panen.

“Saya punya 40 are lahan pertanian di sini. Kalau tanaman padi berusia 60 hari kena air laut, bisa gosong dan menyebabkan gagal panen,” tandasnya.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply