Warga Kusumba Temukan 92 Telur Penyu Hijau di Pantai Tribuana

SEMARAPURA – Warga Klungkung kembali menemukan puluhan butir telur penyu hijau di Pantai Tribuana, Desa Kusamba, kemarin.

Oleh personel Sat Polair Polres Klungkung, telur-telur penyu itu diamankan untuk dibawa ke pendederan di Pantai Watu Klotok.

Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa menuturkan ada sebanyak 92 telur penyu hijau yang ditemukan warga setempat, I Wayan Sudiarta di Pantai Tribuana.

Baca juga: Kasus Positif Kian Melandai, Pasien Covid-19 RSU Negara Kosong

Agar telur penyu itu dapat menetas dengan baik dan tidak dimangsa binatang akhirnya puluhan telur penyu itu diamankan dan dibawa ke pendederan di Pantai Watu Klotok.

“Sehingga telur-telur ini bisa menetas dengan aman,” ujar AKBP Bima Aria Viyasa. Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta yang mendengar adanya penemuan telur tukik tersebut langsung mendatangi tempat pendederan di Pantai Watu Klotok.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK), Ketut Sergig menuturkan sudah ada sebanyak 5.400 butir telur penyu yang dieramkan di pantai itu sejak awal Mei-Agustus 2020.

“Telur-telur penyu itu sebagian besar di temukan di Pantai Lepang dan Watu Klotok,” ungkap Ketut Sergig.

Lantaran keterbatasan dana, ia mengaku hanya bisa menggunakan peralatan seadanya untuk menjaga telur-telur itu tetap aman dari serangan binatang terutama anjing yang banyak berkeliaran di pesisir pantai.

Untuk itu besar harapannya Pemkab Klungkung dapat memberikan bantuan jaring agar gangguan binatang pemangsa telur penyu itu bisa diminimalisir.

Terkait permohonan itu, Wabup asal Desa Akah itu mengaku akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait terlebih dahulu.

“Saya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk dapat segera membantu Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok,” tandasnya. 

Sumber Radar Bali

Leave a Reply