Lewat Aplikasi Ini, Warga Bisa Bikin Jadwal Sendiri dengan Bupati Klungkung

Salah satu staf Prokopim Klungkung sedang mencoba aplikasi SEPIION. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemkab Klungkung terus melakukan penyesuaian dalam perkembangan pesat dunia digital. Setelah melahirkan ragam inovasi dalam berbagai bidang, kini Klungkung kembali menciptakan inovasi lain yang berkaitan dengan jadwal kegiatan pimpinan daerah.

Dengan aplikasi SEPIION (Sistem Penjadwalan Kegiatan Pimpinan Online), masyarakat pun bisa bikin jadwal sendiri dengan bupati. Kabag Prokopim Klungkung IGN Suarba, Kamis (10/6) mengatakan Aplikasi SEPIION ini sebuah inovasi yang diciptakan sebagai solusi untuk mempermudah penjadwalan kegiatan pimpinan daerah.

Sehingga bisa menjadi lebih cepat dan sederhana secara online. Suarba menegaskan, manfaat utama aplikasi ini adalah mempercepat dan mempermudah layanan permohonan jadwal pimpinan. Untuk internal, aplikasi dapat mempercepat respon terhadap permohonan jadwal karena secara otomatis akan terkoordinasi diantara pimpinan, staf ADC dan Sespri.

“Dengan aplikasi ini akan tercipta administrasi jadwal pimpinan secara digital,” kata Suarba.

Sementara secara eksternal, aplikasi ini mempermudah setiap OPD atau masyarakat untuk mengajukan jadwal kehadiran pimpinan. Misalnya untuk menghadiri suatu udangan, audiensi, seremonial atau kegiatan lainnya. Permohonan jadwal pimpinan dapat diinput langsung di aplikasi, dan akan mendapat respon oleh admin yang bertugas di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kab. Klungkung.

“Mencermati fitur-fitur dan fungsi yang terdapat pada aplikasi ini, aplikasi ini memang benar-benar dibutuhkan dalam memberikan layanan keprotokolan, khususnya administrasi dan koordinasi agenda pimpinan daerah dengan efektif dan efisien. Aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja layanan kepada pimpinan,” tegasnya.

Aplikasi ini dibuat berbasis android dengan dua versi, satu versi untuk internal pegawai yang terkait dengan layanan pimpinan misalnya para ADC, staf protokol, sekretaris pimpinan (sespri) dan staf agenda. Semantara satu versi lagi bagi masyarakat atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkepentingan mendapatkan jadwal kehadiran pimpinan. Jadwal pimpinan yang dilayani secara online yaitu jadwal bupati dan wakil bupati.

Ia berharap, dengan aplikasi ini dapat mendekatkan pimpinan dengan masyarakat. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin besar. (Bagiarta/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/06/11/197243/Lewat-Aplikasi-Ini,Warga-Bisa…html

Leave a Reply