Jadikan Identitas Bali, APPMI Bali Garap Program 100 Kebaya

Tjok Abi. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Desainer ternama Tjokorda Gde Abinanda Sukawati atau akrab disapa Tjok Abi terpilih menjadi Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Provinsi Bali. Dengan kepengurusannya yang baru, ia akan menghidupkan kembali program 100 kebaya untuk mencari bakat dari masyarakat.

Tjok Abi, Kamis (10/6), mengatakan, ia berencana melibatkan perguruan tinggi, yakni ISI Denpasar, semua desainer, UMKM, masyarakat, pemerintah sehingga tren fashion Bali lebih menggeliat lagi. Program 100 kebaya itu dicanangkan bersama Prodi Desain Mode, ISI Denpasar.

Ia mengatakan seluruh desainer, mahasiswa, siswa dan penjahit bisa berpartisipasi dalam program tersebut. Program yang sudah berlangsung 3 kali itu, sempat terhenti karena adanya Pandemi COVID-19.

Program 100 kebaya menampilkan kebaya dengan berbagai desain mulai dari pakem Bali sampai kebaya desain modern. Program tersebut ingin menghidupkan dan memasarkan kebaya lebih luas lagi sebagai identitas Bali. Terutama saat ini agar bisa menjadi ide bisnis bagi UMKM Bali.

Ia juga akan menggandeng UMKM yang bergerak di berbagai bidang produk seperti endek, perhiasan, sepatu, tas, bordir. Tujuannya untuk memperkaya penciptaan produk kebaya. (Citta Maya/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/06/10/197080/Jadikan-Identitas-Bali,APPMI-Bali…html

Leave a Reply