COVID-19 Harus Jadi Teman

Nengah Tamba. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Kabupaten Jembrana dalam penanganan Covid-19 berada dalam kategori oranye. Dalam penanganan pasien Covid-19, Jembrana mengalami penurunan selama dua bulan terakhir.

Bahkan ruangan isolasi di RSU Negara untuk pasien Covid-19 dikurangi dengan minimnya kasus Covid-19. Namun saat ini yang serius dilakukan Pemerintah Daerah hingga ke Desa/Kelurahan adalah upaya vaksinasi bagi warga.

Upaya ini dilakukan untuk menggenjot target vaksinasi minimal 70 persen warga Jembrana menuju terwujudnya herd immunity. Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan vaksinasi ini menjadi fokus Satgas Covid-19 Kabupaten Jembrana hingga menyasar masyarakat di Desa/Kelurahan. “COVID-19 ini harus menjadi teman, tapi berteman dengan COVID ada syarat. Tetap sehat dan prokes,” tegas Bupati asal Peh, Desa Kaliakah ini.

Menurut Bupati Tamba, sudah satu tahun lebih masyarakat Bali dan Indonesia berjibaku melawan Covid-9 dan ternyata tidak juga hilang. Karena itu, untuk di Jembrana, Bupati berupaya membangkitkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi massal. “Kalau mau sehat, ayo taati prokes, sadar dengan diri sendiri dan menggencarkan vaksinasi massal,”  ujar Bupati Tamba.

Pihaknya dalam setiap rapat terus menggenjot jajaran hingga di struktur perbekel/lurah agar berupaya menyadarkan masyarakat mengikuti vaksinasi massal ini. Vaksinasi menjadi harapan agar muncul herd immunity.

Data terakhir di Kabupaten Jembrana selama lebih dari setahun, total Covid 2.333 orang, sembuh 2.246 orang dan meninggal 78 orang. Sedangkan untuk capaian Vaksinasi hingga Selasa (8/6), dosis sudah sebanyak 85.379 orang dan dosis II mencapai 36.767 orang.

Sedangkan pasien yang masih menjalani perawatan hingga Rabu (9/6) kemarin, di RSU Negara terdapat 1 pasien, di RSU Sanglah 1 pasien, di RSU Kasih Ibu Tabanan 1 orang dan di karantina di Hotel Jimbarwana 5 orang.

Percepatan vaksinasi massal terus dilakukan. Selain pelayanan vaksinasi di 15 fasilitas kesehatan yang ditunjuk, juga dengan upaya jemput bola hingga ke Banjar/Lingkungan. (Surya Dharma/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/06/10/196970/COVID-19-Harus-Jadi-Teman.html

Leave a Reply