Aparatur di Badung Wajib Dengar Lagu Indonesia Raya Setiap Hari

MANGUPURA – Pemerintah Kabupaten Badung menerbitkan Surat Edaran Nomor: 100/2617/SETDA, tentang Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Pemutaran lagu Indonesia Raya di putar di Puspem Badung setiap pukul 10.00 atau setiap pagi sebelum melakukan kegiatan.

Selain itu pemutaraan dilakukan di Puspem Badung, juga wajib dilakukan Camat, Lurah dan Perbekel se-Badung dan Kepala Satuan Pendidikan di lingkungan Pemkab Badung.

Surat Edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa atas nama Bupati Badung tertanggal 9 Juni 2021, ditujukan kepada Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan Perbekel se-Badung, serta Kepala Satuan Pendidikan dilingkungan Pemkab Badung.

Baca juga: Banyak Lahan di Tabanan Beralih Fungsi, DPRD Tabanan Minta Revisi RTRW

“Kebijakan ini (memperdengarkan lagu Indonesia Raya) sesuai arahan Bapak Bupati dalam rangka meningkatkan semangat nasionalisme, serta untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia,” jelas Adi Arnawa yang dikonfirmasi, Rabu kemarin.

Kata dia, kebijakan ini juga implementasi dari Peraturan Bupati Badung Nomor: 25 Tahun 2019, tentang Pelaksanaan Bulan Bung Karno di Kabupaten Badung. Ada dua poin yang diatur dalam SE ini yaitu, bahwa Lagu Kebangsaan Indonesia Raya satu stanza agar diperdengarkan setiap pukul 10.00 atau setiap pagi saat memulai aktivitas kegiatan.

Poin kedua, setiap orang yang hadir pada saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan dan atau dinyanyikan  wajib berdiri tegak dengan sikap sempurna/ sikap siap. 

“Kita harapkan pada Lurah dan Perbekel mensosialisasikan Surat Edaran ini agar Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bisa diperdengarkan hingga di balai banjar seluruh Kabupaten Badung,” pungkasnya.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply