Anak Usia Lima Tahun Diterkam Anjing Rabies di Jembrana

NEGARA – Kasus rabies di Jembrana semakin meluas. Terbaru, seorang bocah berusia lima tahun diterkam anjing di Banjar Tegalasih, Desa Batu Agung, Jembrana.

Kasus gigitan anjing rabies ini, merupakan kasus kesepuluh dalam enam bulan terakhir. Jumlah kasus ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya terjadi lima kasus dalam setahun.

Kabid Keswan dan Kesmavet pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana I Wayan Widarsa mengatakan, korban gigitan anjing rabies ini sudah mendapatkan suntikan vaksin anti rabies di puskesmas. Pihaknya berkoordinasi dengan dinas kesehatan agar korban gigitan rutin mendapat vaksin.

Baca juga: Ratusan Anak Penyu Langka Dilepas di Pantai Sanur

Mengenai kasus gigitan anjing rabies di Jembrana, kasus di Banjar Tegalasih, merupakan kasus gigitan anjing rabies ke 10 yang menyerang warga dalam enam bulan terakhir tahun ini. Kasus gigitan anjing rabies di Desa Batuagung ini merupakan kedua kalinya terjadi, sebelumnya terjadi Banjar Sawe.  

“Kasus ini merupakan kasus yang kesepuluh di Jembrana sejak awal tahun ini,” jelasnya. 

Sebelumnya, kasus gigitan anjing terjadi di wilayah Kecamatan Melaya, Kecamatan Negara dan Kecamatan Jembrana. Kasus gigitan anjing rabies ini terjadi berulang di desa yang sama, seperti Desa Batu Agung yang terjadi dua kali dan Desa Melaya terjadi hingga lima kali kasus gigitan anjing rabies.

Widarsa menjelaskan, untuk mencegah penularan rabies sudah melakukan eliminasi selektif dan vaksinasi anjing.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply