Puluhan Unit Rumah Subsidi di Pendem Terdampak Tol

Warga melihat peta jalur Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi saat pelaksanaan sosialisasi, Rabu (9/6). (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Puluhan unit rumah di perumahan subsidi di Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana juga terdampak jalur jalan Tol Gilimanuk-Mengwi. Perumahan Pendem Asri di Lingkungan Pendem, Kelurahan Pendem ini baru beroperasi dari 2017.

Selain itu, sejumlah fasilitas umum milik pemerintah seperti saluran irigasi, jalan irigasi, hingga balai tempek juga ada yang terkena jalur.

Pengembang Perumahan Pendem Asri, Kadek Pardana, membenarkan dari 110 unit rumah subsidi, ada sekitar 31 unit yang terlalui main road jalan tol. Sehingga pihaknya selaku developer ikut dalam sosialisasi tersebut.

Namun, perumahan ini seluruhnya mengantongi izin lengkap. Ia menyebutkan sebanyak 31 unit rumah subsidi itu sudah mengantongi SHM (sertifikat hak milik) dan IMB (izin mendirikan bangunan). “Total 110 itu sudah laku semua dan pembiayaan (kredit perumahan) kebetulan dari Bank BTN yang juga BUMN,” terang pengusaha properti yang akrab disapa Made Profil ini.

Seusai sosialisasi ini, warga yang menempati perumahan itu akan diberikan sosialisasi dari BTN Cabang Denpasar. Baik itu mengenai pelunasan, skema dan lain-lain. Pihaknya berharap agar proyek jalan tol ini bisa lancar.

Lurah Pendem, Putu Eko Darmawirawan mengatakan masih ada sekitar 14 nama undangan yang tidak bisa disampaikan karena sejumlah kendala. Seperti tidak sesuai dengan nama, bukan domisili warga Pendem dan lain-lain. “Sudah kita kembalikan surat itu, hari ini sekaligus pendataan. Jadi diketahui  tanah mana saja yang rencananya terlalui Tol,” kata Eko. (Surya Dharma/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/06/09/196773/Puluhan-Unit-Rumah-Subsidi-di…html

Leave a Reply