Capaian Vaksinasi Dosis 1 Tabanan di Bawah 50 Persen

Masyarakat umum mulai mendapatkan layanan vaksinasi di BRSU Tabanan, Rabu (9/6). (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Capaian program vaksinasi COVID-19 di Tabanan saat ini baru 40,65 persen. Satuan Tugas (Satgas) Kabupaten Tabanan pun terus berupaya melakukan percepatan dengan target akhir Juli sudah rampung dosis 1.

Jumlah sasaran sebanyak 323.141 orang (70 persen) dari total penduduk kabupaten Tabanan keseluruhan 461.632 orang. Sekretaris Satgas Penanganan Covid19 Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, menyampaikan salah satu strategi baru percepatan vaksinasi selain vaksinasi berbasis banjar dan desa yang terus massif dilakukan, yakni dengan membuka sentra layanan vaksinasi di BRSU Tabanan.

Sejumlah warga pun memanfaatkan layanan ini untuk bisa segera mendapatkan vaksinasi. “Informasi yang kami terima, hari pertama ada 60 orang terlayani vaksinasi,” terangnya, Rabu (9/6).

Dihubungi terpisah, Direktur BRSU Tabanan, dr. I Nyoman Susila mengatakan, pihaknya masih menyiapkan tambahan lokasi untuk meningkatkan kapasitas cakupan sasaran. Dengan lokasi vaksinasi saat ini, rata-rata hanya bisa menampung 200 orang untuk menghindari adanya kerumunan.

Dengan target capaian kapasitas yang ditingkatkan menjadi 300 sampai dengan 400 orang per harinya tentu dibutuhkan tempat yang lebih representatif dan aman bagi masyarakat. “Ini masih akan kita rapatkan, karena dalam pelaksanaan vaksinasi, protokol kesehatan tentunya wajib juga diperhatikan seperti pembatasan kerumunan masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya terus menekankan agar percepatan vaksinasi dilakukan. “Harapan saya dengan diberikannya vaksinasi, pada saatnya nanti Herd Immunity atau kekebalan kelompok (minimal 70 persen dari total jumlah penduduk Tabanan) dapat kita wujudkan sehingga berbagai aktivitas kembali dapat kita lakukan secara normal,” harapnya. (Puspawati/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/06/09/196886/Capaian-Vaksinasi-Dosis-1-Tabanan…html

Leave a Reply