Dinkes Benarkan Virus Varian Baru B1351 dari Afrika Selatan Masuk Bali

DENPASAR – Di tengah semangat Bali untuk bangkit dari keterpurukan karena pandemi Covid-19, pemerintah pusat justru mengumumkan ditemukan satu kasus varian baru di Bali.

Varian baru tersebut dinamakan virus Corona B1351 asal Afrika Selatan. Pemerintah pusat, melalui Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengumumkan hal tersebut melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, kemarin.

Selain varian baru dari Afrika Selatan, pemerintah mengumumkan temuan dua kasus varian baru dari India. Hanya saja, dua kasus baru itu ditemukan di DKI. Jakarta.

Baca juga: Nasib Aset Tri Nugroho Belum Jelas, Jaksa Kejati Bali Ungkap Fakta Ini

Ditemukannya virus corona B1351 asal Afrika Selatan di Bali dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya saat dikonfirmasi Radarbali.id, Selasa (4/5).

“Iya benar (ditemukan varian baru di Bali),” tegas dr. Ketut Suarjaya. Namun, dr Suarjaya tidak menjabarkan secara utuh mengenai ditemukannya varian baru tersebut.

Apakah dibawa warga negara asing (WNA), warga negara Indonesia (WNI) atau penyebab lain hingga virus tersebut bisa ditemukan di Bali.

“Data baru dapat dari Litbang Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Kami menunggu rilis pusat saja karena diperiksa di sana,” sebutnya.

Meski belum berani berbicara banyak, virus varian baru seperti ini memang sudah cukup banyak masuk ke Indonesia. 

Data terakhir menyebutkan, setidaknya yang berhasil diindentifikasi ada 6 varian baru ditemukan di Indonesia, yakni varian D614G, B117, N439K, E484K, B1525 dan B135. 

Sumber Radar Bali

Leave a Reply