Puluhan Meter Senderan Pura Dadia di Muncan Jebol

Petugas melakukan pembersihan material senderan pura dadia yang jebol. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang melanda wilayah Karangasem pada Selasa (23/2) mengakibatkan senderan Pura Dadia yang ada di Banjar Dinas Meranggi, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem jebol. Jebolnya senderan pura membuat akses jalan yang ada di sampingnya tertutup material sehingga tak bisa dilalui oleh kendaraan.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengungkapkan, senderan Pura Dadia diketahui jebol pada Selasa (23/2) sekitar pukul 19.15 WITA. “Senderan pura dadia yang jebol cukup panjang, yakni mencapai 30 meter. Rumah yang ada di depan lokasi mengalami kerusakan karena terkena hempasan angin yang sangat keras,” ucapnya.

Arimbawa, menambahkan, kejadian tersebut membuat akses jalan yang ada di sampingnya tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Pasalnya, material senderan pura cukup besar menutupi semua badan jalan.

Atas kondisi itu, pihak kepolisian telah memasang police line di lokasi agar tidak ada aktivitas di sekitaran lokasi longsor. “Tumpukan material sangat banyak, sehingga akses tertutup total tak bisa dilalui pejalan kaki maupun kendaraan,” ujarnya.

Untuk sementara, para pengguna jalan melalui jalan alternatif lain yang ada di desa setempat. Sementara, untuk armada besar pengangkut material galian C tidak dapat beraktivitas, mengingat tidak ada jalan alternatif yang bisa dilalui kendaraan besar.

Dia menjelaskan, me gingat kejadian malam hari dan material sangat banyak, penanganan tidak bisa dilakukan saat kejadian. Dan diputuskan melakukan penanganan hari ini. Untuk evakuasi material, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan dinas terkait. Dalam hal ini Dinas PUPR Karangasem untuk membuka kembali akses jalan agar kembali normal. (Eka Parananda/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/02/24/177104/Puluhan-Meter-Senderan-Pura-Dadia…html

Leave a Reply