CATAT! Jadwal Suntik Vaksin Covid -19 Bagi Nakes Sesuai Aplikasi BPJS

GIANYAR – Setelah vaksin Covid-19 tiba di Gianyar, jadwal suntik vaksin direncakan Jumat besok (15/1).

Tenaga kesehatan (nakes) yang disuntik vaksin digilir sesuai aplikasi yang disediakan oleh BPJS. Setiap fasilitas kesehatan (faskes) akan dibuatkan jadwal vaksinasi 2-3 kali seminggu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Gianyar, Ida Komang Upeksa, menyatakan, faskes di Puskesmas dan Rumah Sakit Payangan dijadwalkan suntik vaksin 2 kali seminggu.

Sedangkan di RSUD Sanjiwani dijadwalkan 3 kali seminggu. “Misalnya di Puskesmas kegiatan vaksinasi covid dijadwalkan Selasa-Kamis, kalau di rumah sakit dijadwalkan Rabu-Jumat,” ujar Ida Komang Upeksa.

Setiap Faskes akan disiapkan dua orang tenaga vaksinator yang didampingi satu dokter. Semua tenaga kesehatan yang membantu program vaksinasi ini merupakan tenaga terlatih dalam melakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

Ida Komang Upeksa menambahkan, prioritas kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama menyasar tenaga kesehatan(nakes). Alurnya, tenaga nakes wajib terdaftar dalam aplikasi BPJS.

Selanjutnya atas perintah aplikasi BPJS, Dinas Kesehatan akan menyusun jadwal kegiatan vaksinasi. “Siapa orang yang divaksin dan berapa jumlah yang divaksin, disesuaikan dengan perintah pada aplikasi BPJS,” jelasnya.

Kabupaten Gianyar memperoleh 8.480 vaksin. Dengan sistem giliran disuntik, diharapkan pelayanan kesehatan tidak terganggu.

Disamping itu, mengantisipasi pengaruh vaksin bagi tubuh masing-masing nakes. “Ini akan diatur supaya tidak semua nakes drop, agar pelayanan tidak tersendat,” terang pria yang juga Direktur RSUD Sanjiwani Gianyar itu.

Sementara itu, selama vaksin berada di gudang Dinas Kesehatan, dijaga ketat oleh petugas TNI dan Polri.

“Kami (Polres) bersama TNI melakukan pengawalan melekat terhadap pendistribusian vaksin Covid-19 hingga tiba di Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar,” pungkas Kapolres Gianyar, AKBP I Dewa Made Adnyana. 

Sumber Radar Bali

Leave a Reply