Ini Peringatan Dini Cuaca Wilayah Bali dari BMKG Hari Ini 13 Januari 2021, Bangli Berpotensi Hujan

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah Bali untuk hari ini, Rabu (13/1/2021).

Bidang Data dan Informsi BMKG Wilayah III Denpasar menyampaikan wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang berdurasi singkat hari ini adalah Tabanan, Buleleng, Karangasem, Gianyar, Denpasar, Badung, Bangli, Klungkung dan Jembrana.

Dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat/petir.

Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir, diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2.0 meter atau lebih di Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Bali hingga NTB.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Bali Masuki Puncak Musim Hujan, Waspada Cuaca Ekstrem dan Bencana Alam

Baca juga: Termasuk Bali, Ini 5 Wilayah Paling Aktif terjadi Gempa Sepanjang Tahun 2020 versi BMKG

Baca juga: Yogyakarta Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 5,4 Tidak Berpotensi Tsunami, Ini Pantauan BMKG

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Wilayah III Denpasar membuka layanan informasi cuaca 24 jam dan dapat menghubungi melalui Telp. (0361) 751122.

Atau website : balai3.denpasarbmkg.go.id atau https://web.meteo.bmkg.go.id; Join Channel Telegram @wamingcuacabali; Join Facebook BBMKG Wilayah III Denpasar; Follow Twitter @bbMKG3; Follow Instagram @bmkgbali; Unduh aplikasi mobile apps INFO BMKG di appstore dan playstore: info BMKG.

Peringatan Dini BMKG: Bali Masuki Puncak Musim Hujan, Waspada Cuaca Ekstrem dan Bencana Alam

Puncak musim hujan di Bali hingga Februari 2021, masyarakat diminta waspada cuaca ekstrem dan bencana banjir hingga tanah longsor.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak Oktober 2020 telah memprediksikan bahwa puncak musim hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021. 

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply