BLT Anak Sekolah, Cara Cek Penerima Siswa SD, SMP, dan SMA, Ketahui Juga Cara Mencairkan BLT Ini

TRIBUN-BALI.COM – BLT anak sekolah yang dalam program resmi pemerintah disebut Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai.

Tidak hanya uang tunai, tetapi juga perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Dikutip dari laman https://pip.kemdikbud.go.id, PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus.

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Baca juga: Pencairan BLT Subsidi Gaji Karyawan Diperpanjang Akhir Januari 2021, Cek Jika Masih Bermasalah

Baca juga: Ini Cara Daftar PKH 2021, BLT Ibu Hamil dan Balita Masing-masing Dapat Rp 750.000 Per 3 Bulan

PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Cara cek penerima BLT yang merupakan siswa SD, SMP, dan SMA sederajat dapat dilakukan melalui laman https://pip.kemdikbud.go.id.

Nantinya, masukkan NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

Besaran dana PIP 2020

Besaran dana PIP 2020 yakni:

1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp 450.000,00/tahun

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply