Satgas Covid-19 Nasional Minta Masyarakat Tak Ragukan Efektivitas Vaksin Sinovac

TRIBUN-BALI.COM – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk tidak meragukan vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang akan digunakan dalam vaksinasi.

Pasalnya, efikasi vaksin ini sudah mencapai 65,3%.

Wiku mengatakan efektivitas vaksin ini pun tidak perlu diragukan karena angka efikasinya sudah melampaui standar efikasi berbagai organisasi seperti World Health Organization, Food and Drug Administration (FDA), dan European Medicines Agency (EMA) sebesar 50%.

“Dengan angka efikasi yang  sudah melampaui standar minimal maka sudah sangat bermakna dalam mencegah kejadian infeksi baru, baik pada penerima vaksin maupun populasi yang tidak menerima vaksin,” jelas Wiku dalam konferensi pers, Selasa (12/1/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Corona, Bisa Ditonton Live Streaming

Wiku menerangkan, angka efikasi vaksin Covid-19 dari Sinovac yang sebesar 65,3% mengartikan bahwa selama masa uji klinik yang dilakukan di Bandung, terjadi penurunan 65,3% kemunculan kasus pada kelompok yang divaksinasi.

Menurutnya, efikasi ini pun didapatkan dari perbandingan efektivitas vaksin antara kelompok yang divaksin dan yang tidak divaksin.

Adapun, vaksin Sinovac ini telah memperoleh Emergency Use of Authorization (EUA) dari BPOM serta sertifikasi halal berdasarkan fatwa MUI Nomor tahun 2021.

“Kedua sertifikasi ini menunjukan bahwa vaksin sinovac telah memenuhi standar medis sehingga berkhasiat, minim efek samping dan juga halal,” kata wiku.

Wiku menegaskan, keluarnya EUA dari BPOM ini setelah melalui proses panjang, khususnya  memastikan  keamanan, dosis dan efek samping dari  vaksin Sinovac.

Sementara terbitnya sertifikasi halal berdasarkan kajian kehalalan vaksin setelah melalui berbagai tahapan, termasuk kunjungan langsung ke fasilitas pembuatan vaksin Sinovac di China.

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply