Profil Joe Biden: Usia 29 Tahun Sudah Terpilih Sebagai Senator Amerika Serikat

TRIBUN-BALI.COMJoseph Robinette Biden Jr atau akrab disapa Joe Biden akan dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat ( AS) tanggal 20 Januari 2021.

Dalam pemilihan presiden Amerika Serikat ( Pilpres AS ) bulan November 2020, pria kelahiran 20 November 1942 ini mengalahkan presiden petahana Donald Trump.

Menelusuri profil Joe Biden, kita akan mengetahui bahwa dia bukanlah orang baru di pemerintahan Amerika Serikat.

Politisi Partai Demokrat itu sudah makan asam garam. Pengalamannya segudang. Dia terjun di panggung politik sejak usia masih belia.

Baca juga: Jelang Pelantikan Joe Biden, FBI Ungkap Rencana Aksi Massa Bersenjata di 50 Negara Bagian

Baca juga: Hasil Sidang Kongres AS yang Dipimpin Wapres Mike Pence Sahkan Kemenangan Joe Biden

Baca juga: Presiden Terpilih AS Joe Biden Sebut Pemerintahan Donald Trump Halang-halangi Proses Transisi

Joe Biden menjabat sebagai wakil presiden ke-47 AS selama dua periode pemerintahan Presiden Barack Obama 2009-2017. Dia bahkan sudah mewakili Delaware di Senat Amerika Serikat sejak tahun 1973 hingga 2009.

Joe Biden dibesarkan di Scranton, Pennsylvania, dan New Castle County, Delaware. Dia belajar di University of Delaware sebelum memperoleh gelar sarjana hukum dari Syracuse University pada tahun 1968.

Menurut catatan wakipedia, tahun 1970 Joe Biden terpilih sebagai Penasihat New Castle County. Dua tahun kemudian dia menjadi senator termuda keenam dalam sejarah Amerika.

Joe Biden yang kini berusia 78 akan menjadi presiden tertua dalam sejarah AS.

Joe Biden terpilih menjadi Senat AS dari Delaware tahun 1972. Saat itu umurnya baru 29 tahun. Cukup lama dia menjadi anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat hingga menjadi ketua komite.

Joe Biden menentang Perang Teluk tahun 1991 dan mendukung perluasan aliansi NATO ke Eropa Timur dan intervensinya dalam Perang Yugoslavia tahun 1990-an.

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply