PKK Bergerak Wujudkan Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

Ny. Putri Suastini Koster. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Dukcapil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, menjadi narasumber dalam talkshow yang mengangkat tema “Sinergitas Program dan Kegiatan PKK Tahun 2021”, di Radio Gema Merdeka, Senin (11/1). Dalam arahannya, Ny. Putri Koster mengatakan keberadaan PKK memiliki struktur yang sangat jelas secara berjenjang dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa hingga ke satuan terkecil, yaitu Dasa Wisma.

PKK dalam gerakannya yang tertuang dalam 10 pokok program PKK, di mana dalam 10 program pokok PKK mencakup semua hal yang harus dilakukan dalam segala aspek kehidupan. Dari 10 program pokok PKK ini, setiap daerah akan membuat program unggulannya masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya yang merupakan turunan dari 10 program pokok.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, keberadaan PKK tidak hanya membantu dalam melakukan sosialisasi terkait imbauan maupun kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19, namun PKK juga berperan dalam membantu mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Di mana PKK melalui program “HATINYA PKK” mengajak masyarakat untuk menata halaman rumahnya dan menanami dengan tanaman yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti sayur mayur, cabai, bawang dan sebagainya. “Dengan pelaksanaan program HATINYA PKK ini, di samping keluarga akan memperoleh pangan yang sehat juga akan terwujud ketahanan pangan di dalam sebuah keluarga,” tegas Ny. Putri Suastini Koster.

Istri Gubernur Bali Wayan Koster ini juga menyampaikan, keberadaan PKK memiliki peran yang sangat strategis di tengah masyarakat. Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi maupun edukasi di tengah masyarakat dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi misi pemerintah. Selain itu, PKK juga terus melakukan sosialisasi serta edukasi melalui media yang ada, baik cetak maupun elektronik akan pentingnya Pesan Ibu 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) sebagai salah satu upaya dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Pada akhir arahannya, seniman multitalenta ini menyampaikan dalam pergerakannya PKK akan terus bersinergi dengan semua pihak. PKK akan terus bergerak menyejahterakan masyarakat sesuai dengan program-program yang disusun berdasarkan skala prioritas kebutuhan daerah berdasar pada 10 program pokok PKK. Dengan pergerakan PKK yang masif, terstruktur dan bersinergi dengan semua komponen, maka PKK akan dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Sementara itu, Anom Agustina mengatakan pergerakan PKK yang terstruktur jelas dari tingkat pusat hingga Dasa Wisma pendanaannya didukung oleh pemerintah, dalam upaya memperlancar pelaksanaan program sesuai dengan 10 program pokok PKK. Keberadaan PKK serta penggunaan anggarannya juga telah diatur dalam  payung hukum yang sangat jelas. Sebagai salah satu wujud nyata sinergitas PKK Provinsi dengan kabupaten/kota se-Bali, maka TP PKK Provinsi Bali memberi dukungan pendanaan pada kabupaten/kota. Dimana selanjutnya dana tersebut digerakkan sampai ke desa dalam bentuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Dengan BKK tersebut, maka PKK dari semua tingkatan akan bergerak bersama-sama.

Dikatakan, di tahun 2021 ini TP PKK Provinsi Bali akan memberikan BKK kepada kabupaten/kota sebesar Rp 500 juta kepada tiap kabupaten/kota. Hal ini bertujuan agar di tengah pandemi ini PKK tetap terus bergerak dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bersama. Penggunaan BKK tersebut telah diatur dengan seksama penggunaan dananya, sehingga BKK yang dikucurkan akan tepat guna dan tepat sasaran. (kmb/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/01/12/168108/PKK-Bergerak-Wujudkan-Ketahanan-Pangan…html

Leave a Reply