Lima Berita Terpopuler Kemarin: Dari PHDI Imbau Umat Hindu Batasi Kegiatan Keagamaan hingga Bali Catatkan Rekor Baru Tambahan Harian Kasus COVID-19

Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (11/1), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Peringatan Siwaratri, PHDI Imbau Umat Hindu Batasi Kegiatan Keagamaan

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), mulai digelar Senin (11/1). PPKM yang dikhususkan di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, serta daerah penyangga lainnya akan dilaksanakan hingga 25 Januari 2021 untuk menekan penyebaran COVID-19 di Bali.

Menyikapi hal tersebut, Ketua PHDI Bali, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., telah mengimbau kepada umat Hindu di Bali untuk membatasi diri dalam melakukan kegiatan keagamaan dan budaya. Bahkan, sebelum dikeluarkannya SE Gubernur Bali terkait Pembatasan Kegiatan Masyarakat tersebut, pihaknya telah membatasi kegiatan keagamaan dan budaya dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara tertib, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selengkapnya baca di sini

2. Dampak Libur Akhir Tahun Mulai Terjadi, Denpasar Alami Lonjakan Kasus COVID-19

DENPASAR, BALIPOST.com – Prediksi adanya peningkatan kasus COVID-19 dua minggu pasca libur panjang dan cuti bersama nampaknya mulai terjadi di Kota Denpasar. Hal ini terbukti dengan melonjaknya kasus COVID-19 pada Senin (11/1).

Kasus terkonfirmasi COVID-19 mencapai 106 orang. Kasus sembuh bertambah sebanyak 64 orang dan 1 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Selengkapnya baca di sini

3. Lakalantas di Jalur Klungkung-Karangasem, Dua Mobil Tangki BBM Ringsek

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kecelakaan lalulintas mengakibatkan kemacetan panjang di jalur Klungkung-Karangasem, persis di timur Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Senin (11/1). Kecelakaan melibatkan dua Mobil Tangki BBM, yang salah satunya masih bermuatan penuh.

Kedua kendaraan berukuran besar ini, sama-sama ringsek pada bagian depan. Kanit Laka Satlantas Polres Klungkung, Iptu I Gusti Mahendra, menyampaikan kecelakaan di wilayah Belatung, Pesinggahan ini membuat sejumlah Petugas Satlantas harus segera merapat ke lokasi.

Selengkapnya baca di sini

4. Gempabumi Guncang Flores, Getaran Dirasakan hingga Denpasar

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (11/1), pukul 08.20.36 WIB, wilayah Laut Flores diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,5 SR.
Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,57 LS dan 120,48 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 115 km arah Utara Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT pada kedalaman 653 km.

Dikutip dari rilis BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault).

Selengkapnya baca di sini

5. Hari Pertama PPKM, Bali Catatkan Rekor Baru Tambahan Harian Kasus COVID-19!

DENPASAR, BALIPOST.com – Penyebaran kasus COVID-19 di Bali ternyata tidak makin mereda. Justru di tahun ini, tambahan harian kasus COVID-19 mengalami kenaikan.

Bahkan pada Senin (11/1), di hari pertama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Bali mencatatkan rekor tambahan harian kasus yang signifikan. Jumlahnya ada di atas 250 orang.

Selengkapnya baca di sini

Sumber https://www.balipost.com/news/2021/01/12/168120/Dari-PHDI-Imbau-Umat-Hindu…html

Leave a Reply