Raih Juara III NAC Unud, Mahasiswa STF Mahaganesha Jadikan Kencur Terapi Penyakit TB Resisten

Dari kanan, Ketua STF Mahaganesha Duwi Cahyani, dua mahasiswa yang mengikuti lomba, AD. Mila dan Diyah, dan dosen pembimbing Arimurni (kiri). (BP/may)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi (STF) Mahaganesha berhasil meraih juara III lomba Essay pada ajang National Avicena Competition (NAC) yang diselenggarakan Program Studi Farmasi Universitas Udayana (Unud). Mahasiswa yang mengikuti kompetisi secara tim tersebut terdiri dari AD. Mila Agustin dan Ni Kadek Diyah Savitri dari mahasiswa semester IV dari Prodi D-3 Farmasi.

Dalam mengikuti lomba mereka dibina dosen Bidang Farmasetika dan Teknologi Farmasi Dewa Ayu Arimurni. Arimurni menuturkan, awalnya dua mahasiswanya itu datang kepadanya untuk meminta jadi pembimbing dalam lomba Essay.

Lomba itu mengangkat tema umum yakni ‘’Peran Milenial dalam Mengurangi Infeksi Patogen untuk Meningkatkan Derajat kesehatan Indonesia’’. Subtema yang dipililih yaitu Optimalisasi Tanaman Herbal sebagai Alternatif Alami Pengobatan Infeksi Patogen.

Mereka memutuskan untuk mengangkat potensi obat alami yakni kencur dengan nama latin Kaempferia Galanga L yang dibalut dengan sentuhan teknologi terkini yakni Nanopartikel Terinhalasi untuk terapi penyakit tuberkulosis yang resisten terhadap obat. Tuberkulosis dipilih menjadi highlight dalam essay karena angka kejadian penyakit ini di Indonesia cukup tinggi dan Indonesia merupakan salah satu negara dengan penyumbang kasus TB tertinggi di dunia. (Adv/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2020/11/23/159312/Raih-Juara-III-NAC-Unud,Mahasiswa…html

Leave a Reply