Lampaui Target, Kantong Darah Terkumpul dalam Aksi Donor Darah PDIP

Suasana donor darah yang digelar Sarinah PDIP, Minggu (22/11). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sarinah PDI Perjuangan (PDIP) Kota Denpasar bekerjasama dengan PMI Provinsi Bali, Taruna Merah Putih, dan simpatisan PDIP menggelar kegiatan donor darah di Kantor DPD PDIP Bali, Minggu (22/11). Ratusan masyarakat Kota Denpasar ikut berpartisipasi dalam acara kemanusiaan untuk memperingati Hari Pahlawan dan Hari Puputan Margarana tersebut.

Jumlah kantong darah yang terkumpul bahkan sampai melebihi target. “Target kita kan 100, tapi masyarakat sangat antusias sehingga melebihi dari 250. Ini sangat luar biasa, masyarakat Kota Denpasar membludak untuk donor,” ungkap Ketua Panitia Donor Darah, Ni Wayan Sari Galung.

Menurut Sari Galung, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diterapkan dengan sangat ketat saat donor darah berlangsung. Hal ini mencegah adanya klaster baru lantaran membludaknya pendonor.

Antara lain dengan menjaga jarak baik saat pendaftaran maupun pengambilan darah, menyediakan hand sanitizer dan tempat mencuci tangan, serta mewajibkan pendonor memakai masker. Total ada 16 bed yang disiapkan untuk pengambilan darah.

“Sebelum diambil darahnya, terlebih dulu ada pemeriksaan dari dokter. Apabila Hb turun, tensi tinggi, tidak akan diizinkan untuk donor,” jelasnya.

Donor darah, lanjut Sari Galung, bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial masyarakat dalam membantu sesama dengan semangat manyama braya. Selain itu, mendorong gaya hidup sehat pada masyarakat dan membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI pada masa pandemi Covid-19.

Pihaknya berencana untuk tetap menjalin kerjasama dengan PMI Provinsi Bali guna mengadakan donor darah setiap 3 bulan sekali. Mengingat, stok darah PMI sangat menipis saat pandemi.

“Banyak kan saat kena DB atau mungkin Covid-19 dan punya komorbid itu butuh transfusi darah. Makanya PMI sangat berterimakasih dengan Sarinah PDIP mengadakan ini,” tandasnya.

Perempuan Sarinah PDIP Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster mengapresiasi animo masyarakat khususnya generasi muda yang begitu tinggi untuk mengikuti donor darah. Terlebih pihaknya memang sangat berharap banyak masyarakat yang tersentuh dengan kegiatan-kegiatan PDIP, khususnya Perempuan Sarinah.

Keterlibatan anak-anak muda tidak lepas dari penggunaan platform digital untuk informasi dan pendaftaran. Disamping memberdayakan pula Taruna Merah Putih dan Banteng Muda Indonesia. “Ternyata anak-anak kita perlu disentuh, perlu diajak sehingga dia tahu apa yang harus dia lakukan. Dari sana kemudian kita menggesek dan mengasah rasa empatinya, rasa kemanusiaannya dan rasa kepeduliannya,” ujarnya.

Dari PMI Provinsi Bali pun, lanjut Putri Suastini, sangat berharap kolaborasi dan sinergitas seperti ini sering terjadi. Sebab, hal ini akan membantu PMI untuk mengumpulkan pendonor sehingga bisa mendapatkan stok darah yang lebih banyak. Mengingat, stok darah PMI mengalami penurunan di masa pandemi Covid-19.

“Setetes darah bagi kita itu adalah nyawa bagi kemanusiaan,” jelas istri Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster ini.

Di luar partai, Putri Suastini yang juga menjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ketua Dekranasda Provinsi Bali, dan Manggala Utama Pasikian Paiketan Krama Istri akan melakukan hal serupa di organisasi-organisasi pimpinannya itu. “Mungkin kita akan keliling, menyapa desa-desa bahwa mereka dengan melakukan donor darah yang sekarang mungkin asing bagi mereka, itu adalah kegiatan yang menyehatkan,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pendonor I Nengah Suryawan menilai positif acara donor darah yang digelar PDIP. Disamping untuk memperlancar sirkulasi darah dan baik bagi kesehatan, juga dapat membantu orang lain yang membutuhkan darah.

“Acara ini positif karena tujuannya untuk kemanusiaan,” ujarnya. (Rindra Devita/balipost)

Sumber https://www.balipost.com/news/2020/11/22/159176/Lampaui-Target,Kantong-Darah-Terkumpul…html

Leave a Reply