Selain Covid 19, Waspadai juga  Diabetes dan Obesitas di Bali

DENPASAR – Covid-19 memang menjadi momok yang menakutkan selama tahun 2020 ini. Namun perlu diingat, masih ada persoalan lain yang juga tak kalah penting dalam dunia kesehatan. Yakni, soal diabetes dan obesitas.

Pada Hari Diabetes Sedunia di Poliklinik Rawat Jalan, RSUP Sanglah, dr I Made Siswadi Semadi, Sp.PD, M.Biomed menegaskan, pentingnya pola hidup sehat. Dalam penjelasannya, Siswadi menyampaikan topik masalah kesehatan dan pola hidup sehat,  di antaranya obesitas dan diabetes/kencing manis.

Pola hidup sehat merupakan sebuah pilihan untuk menentukan seperti apa kita akan menjalani hari-hari kita saat berusia di atas 40 tahun.

“Tentunya semua orang ingin sehat karena itu sehat merupakan investasi untuk tetap bisa berkarya. Sehat itu sangat murah biaya sebaliknya sakit itu sangat mahal”, tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, walaupun biaya RS ditanggung asuransi tetapi waktu, tekanan psikologis, perasaan sedih yang kita alami saat sakit merupakan harga mahal yang harus dibayar.

Karena itu ia mengajak untuk hidup CERDIK, yaitu Cek Kesehatan secara rutin, Enyahkan Rokok, Rutin aktivitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola Stress.

Secara detail, dokter spesialis Ilmu Penyakit Dalam Sub Divisi Endokrinologi ini memaparkan anggapan yang keliru terkait obesitas. Seperti, anggapan bahwa kelebihan berat badan apalagi pada anak-anak adalah hal yang lucu, gula darah tinggi masih tetap bisa beraktivitas adalah hal yang baik.

“Ingat obesitas atau kelebihan berat badan serta diabetes akan memunculkan penyakit lain bila tidak segera dikendalikan,” imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti antusias oleh para pasien dan pengunjung poliklinik. Hal ini ditunjukan oleh salah seorang pengunjung saat dijumpai seusai acara.

“Senang sekali bisa ikut penyuluhan kesehatan tentang diabetes hari ini, karena orang tua dan tetangga saya ada yang terkena diabetes, paket brosur edukasi ini akan saya berikan pada orang tua dan tetangga saya,” ujar salah seorang peserta.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply