Calon Penerima Hibah Pariwisata di Badung Membengkak, 753 Hotel dan 235 Restoran Lolos Verifikasi

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG – Setelah memperpanjang pembuatan izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) bagi pengusaha pariwisata yang tidak lulus verifikasi, kini Pemerintah Kabupaten Badung sudah menetapkan jumlah hotel dan restoran yang akan menerima bantuan hibah pariwisata dari pemerintah pusat.

Dari verifikasi tersebut, calon penerima hibah pariwisata di Kabupaten Badung pun membengkak alias bertambah banyak.

Tambahan ini tentu menyusul diberikannya kesempatan kedua bagi pelaku usaha yang merasa memenuhi persyaratan untuk menyerahkan dokumen yang dibutuhkan ke Dinas Pariwisata.

Berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang ditetapkan pemerintah pusat, syarat yang harus dipenuhi hotel dan restoran penerima hibah yakni meliputi Izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), surat pernyataan masih beroperasi oleh pemilik, serta bukti pembayaran Pajak Hotel dan Restoran (PHR) tahun 2019, nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor rekening, serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Tebongkang Ubud Bertambah Empat Orang, Test Swab Ditambah

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pariwisata Kabupaten Badung Cokorda Raka Darmawan, yang dikonfirmasi Minggu (15/11/2020) mengakui jumlah penerima ada penambahan.

“Ada penambahan dari data sebelumnya. Namun ini baru hasil verifikasi kami dan belum final,” ujar Cok Darmawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Cokorda Raka Darmawan
Pelaksana Tugas (Plt) Cokorda Raka Darmawan (Istimewa)

Birokrat asal Gianyar itu mengatakan, semula dari hasil verifikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata terdapat 713 hotel dan 212 restoran yang bakal menerima hibah pariwisata.

Namun karena kesempatan kedua kembali diberikan, jumlah calon penerima hibah pariwisata tersebut bertambah.

“Dari hasil verifikasi yang telah kami lakukan sejauh ini total ada sebanyak 753 hotel dan 235 restoran yang akan menerima bantuan hibah pariwisata,” ungkapnya.

Walau begitu, jumlah calon penerima bantuan hibah pariwisata tersebut masih akan diverifikasi kembali oleh pihak Inspektorat.

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply