Asyik, Wifi Gratis Sudah Mulai Bisa Diakses di Rumah Warga di Badung

MANGUPURA — Di tengah pandemi covid-19 ini kebutuhan akan internet tentu sangat bermanfaat sekali. Mulai untuk pembelajaran siswa secara online, UMKM dan pemantauan keamanan.

Pemkab Badung sejatinya telah memberikan fasilitas untuk internet gratis yang dipasang di sejumlah titik. Namun sekarang disediakan fasilitas internet gratis tersebut bisa langsung digunakan di rumah warga.

Sehingga warga tidak perlu lagi datang ke titik akses internet, melainkan bisa langsung memanfaatkan dari rumah mereka masing-masing.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badung, IGN Jaya Saputra menerangkan, sudah ada 10 banjar di Badung memanfaatkan internet gratis langsung dari rumah masing-masing.

“Sekitar 10 banjar yang sudah jalan. Yang lainnya masih banyak yang berproses mulai penyiapan alat dan tim teknis pendamping,” terang Jaya Saputra dikonfirmasi, Minggu (15/11).

Pihaknya juga terus melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan jaringan internet langsung ke rumah-rumah tersebut. Namun ia melihat program ini sangat efektif untuk masyarakat. Terlebih di wilayah Badung bagian utara tergolong  minim kehadiran provider sehingga masyarakat sangat terbantu dengan kehadiran internet ini.

“Ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan wifi langsung menyentuh wilayah perbatasan,” bebernya.

Lebih lanjut, dengan kehadiran yang bisa diakses ke rumah warga tentu sangat dirasakan sekali. Pertama dari pembelian paket internet,  warga tidak perlu membeli lagi karena sudah bisa diakses di rumah. Protokol kesehatan juga dapat diantisipasi karena warga tidak kumpul lagi di titik point internet di Bale Banjar.

“Selain itu, kreativitas masyarakat lebih kreatif, karena wifi sudah ada di rumah tentunya bisa dimanfaatkan dengan kegiatan positif. Seperti oleh UMKM, keamanan dan sebagainya. Kita ingin pemanfaatan wifi ini dapat melahirkan konten-konten kreatif juga,” bebernya.

Seperti diketahui,  Badung sudah mengimplementasikan jaringan fiber optik 288 core ke seluruh OPD di lingkungan Puspem Badung. Bahkan untuk keseluruhan wilayah Kabupaten Badung yang membentang dari selatan (Kuta Selatan) sampai ke wilayah Utara (Petang), Badung sudah menginstalasi jaringan fiber optik sepanjang 153 Km dengan bandwidth 4 core.

Badung juga telah menyediakan 987 layanan akses internet gratis di seluruh wilayah Kabupaten Badung yang ditempatkan di lokasi strategis, seperti kantor camat, sekolah rumah sakit, tempat wisata dan balai banjar. Namun khusus yang di bale banjar, warga juga bisa mengajukan permohonan ke Diskominfo agar akses internet tersebut bisa langsung diakses dari rumah warga.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply