Komang Takuaki Banuartha Terpilih Menjadi Ketua DPD ASITA Bali Periode 2020-2025

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Bali yang diselenggarakan pada Sabtu (14/11/2020), Komang Takuaki Banuartha terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASITA Bali periode 2020-2025.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) ASITA, Nunung Rusmiati, menyebutkan sederet tugas bagi Komang Takuaki Banuartha dan salah satunya membantu pemerintah dalam pemulihan kepariwisataan Bali

Menurut Nunung Rusmiati, keterpurukan sektor pariwisata Bali yang diakibatkan pandemi Covid-19, memerlukan penanganan serius dan ekstra cepat.

Ia berharap dengan adanya Ketua DPD ASITA Bali yang baru ini, nantinya pasca Covid-19 ini akan langsung tancap gas untuk pariwisata di Bali ini. 

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Badung Manfaatkan Patroli Biru Untuk Sosialisasi

Baca juga: Rizieq Shihab Beberkan Sulitnya Terapkan Prokes di Pernikahan Putrinya & Acara Maulid Nabi

Baca juga: 4 Hal Ini Dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Kusam, Apa Saja Itu ?

“Terutama wisatawan mancanegara dan saya sebagai Ketua Umum berusaha sekali bagaimana Bali ini yang sangat terpuruk pada saat masa Covid-19 akan kembali cepat pulih dengan adanya Ketua DPD ASITA Bali,” kata Nunung Rusmiati.  

Komang Takuaki Banuartha mengaku akan mengikuti seluruh arahan pusat dan menurutnya Bali memiliki modal cukup kuat dalam upaya pemulihan sektor kepariwisataan. 

Menurutnya, protokol kesehatan ditambah Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability atau yang disingkat CHSE menjadi senjata dalam mendatangkan wisatawan.

Ia menyebut memiliki banyak ide dalam upaya pemulihan sektor kepariwisataan Bali.

“Kalau ide mungkin banyak ya, kedepannya. Bali sebenarnya banyak potensi yang bisa dikembangkan kembali seperti event-event besar. Mungkin bekerjasama dengan pemerintah dan beberapa asosiasi lain untuk membuat expo misalnya. Jadi, expo itu bukan terfokus di pariwisata, tetapi ada perdagangan, ada industri dan sebagainya. Jadi, Bali ini punya expo yang ruang lingkupnya luas, dan tidak dengan satu asosiasi,” ungkap Komang Takuaki Banuartha

Tidak hanya membantu pemerintah pada pemulihan pariwisata, Komang Takuaki Banuartha mengaku, akan melakukan konsolidasi di internal ASITA Bali dan dirinya memastikan akan merangkul seluruh anggota. (*).

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply