Rajin Sapa Warga, Ini Program Penting Paket Massker ke Depan

AMLAPURA – Pertanian menjadi perhatian serius bagi pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, IGA Mas Sumatri-I Made Sukerena (Massker) ke depan.

Menurutnya, sektor pertanian memberi sumbangsih yang penting bagi perekonomian masyarakat Karangasem.

Hal ini yang juga menjadi perhatian bagi paket Massker. Langkah ini juga memaksimalkan kinerja Mas Sumatri yang menjabat sebagai Bupati Karangasem lima tahun ini.

Hal tersebut yang digaungkan dan menjadi program dari paslon yang diusung enam partai politik ini.

Fakta itu terungkap ketika Mas Sumatri berbicara kepada warga dan tokoh adat di tiga banjar di Desa Talibeng dan Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Jumat kemarin (13/11).

Dalam simakrama yang berlangsung santai tersebut, warga banyak menyampaikan aspirasi kepada Mas Sumatri.

Di antaranya perbaikan atau pembangunan penyengker pura, dan bantuan sosial untuk Gapoktan serta sekaha Santi.

Usulan lainnya, warga di Desa Talibeng juga memohon kepada Mas Sumatri jika nanti terpilih memimpin Karangasem untuk periode kedua, agar dibantu mengembangkan desa wisata di Talibeng.

Salah satunya pengembangan wisata trekking di Gunung Sakti. “Sekarang ini Gunung Agung kan masih ditutup untuk pendakian,

jadi Gunung Sakti bisa menjadi alternatif bagi pecinta alam untuk wisata trekking. Karena dari Gunung Sakti ini view Sunset dan Sunrisenya indah sekali.

Jika nanti Ibu Mas Sumatri terpilih untuk periode kedua, mohon dibantu pengembangan wisata ini,” usul Prajuru Banjar Adat Delod Yeh Kawan, desa Talibeng I Gusti Ngurah Ekajaya.

Semua aspirasi yang disampaikan warga langsung ditanggapi oleh Mas Sumatri. “Subak dan kelompok tani menjadi fokus perhatian kami.

Karena peran mereka sangat penting dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Karangasem. Selain itu kami akan terus mengembangkan pariwisata spiritual berbasis desa adat. Jadi nanti kami akan bantu,” ucapnya.

Pihaknya sudah menandatangani Bansos, karena itu pihaknya meminta agar Gapoktan dan warga untuk mengajukan proposal permohonan Bansos.

Pihaknya bersama anggota DPRD akan mengawalnya. Terkait usulan dari Gapoktan yang memohon Bansos untuk simpan pinjam anggota, Mas Sumatri sangat mendukung.

Sementara itu, tokoh masyarakat Sidemen, Cokorda Sutedja mengajak seluruh masyarakat Sidemen untuk bersama-sama

memenangkan pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri – I Made Sukerana, dengan datang ke TPS pada 9 Desember 2020 mendatang dan mencoblos calon nomor urut 2.

“Apalagi Jro Gede Talibeng dan Jro Gede Sidemen sudah memilih dan mendukung I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Made Sukerana.

Jadi, sebagai masyarakat Sidemen kita harus memenangkan Massker karena Ibu Mas Sumatri sendiri dari Sidemen,” tutur kata tokoh Puri Gede Sidemen ini.

Dalam kesempatan itu juga turut hadir mendampingi yakni, I Ketut Murda  dan I Gusti Putu Sugita dari DPC Partai Perindo Karangasem, serta sejumlah tokoh masyarakat Sidemen lainnya. 

 

Sumber Radar Bali

Leave a Reply