Jalan Menuju Pura Pasar Agung Hancur, Ternyata Tanggung Jawab Provinsi

AMLAPURA — Beberapa ruas jalan di Karangasem mengalami kerusakan yang cukup parah. Sebagian di antaranya merupakan jalan utama. Di antaranya adalah jalan utama menuju Pura Pasar Agung, Sebudi, Selat, Karangasem. Jalan ini juga menuju puncak Gunung Agung, Karangasem.

Kerusakan semakin cepat terjadi karena jalan ini juga merupakan jalur menuju Galian C Sebudi. Banyak truk besar dengan muatan tonase yang berat lewat di jalan ini sehingga membuat jalan semakin cepat rusak. Selain itu memang sudah waktunya jalan ini dilakukan perbaikan.

Kerusakan terjadi mulai depan Polsek Selat, tepatnya di depan Pasar Selat, Karangasem. Bahkan kondisinya di sana rusak parah. Aspal mengelupas dan badan jalan ambles sehingga lebih mirip dengan sungai.

Selain itu beberapa titik di jalur sepanjang  sekitar 7 km tersebut juga mengalami kerusakan. Kondisi ini dikeluhkan para pengguna jalan utamanya warga yang akan memedek ke Pura Pasar Agung, Sebudi, Selat, Karangasem.

Hal ini dibenarkan Pjs Bupati Karangasem I Wayan Serinah. Bahkan dirinya juga sempat meninjau kondisi jalan tersebut. Pihak PU Bali juga sudah turun memantau kondisi jalan tersebut, karena ruas jalan ini merupakan ruas jalan provinsi.

“Sudah dicek juga pihak PU sekarang sedang dianaliasa,” ujar Pjs Bupati asal Banjar Sukeluwih, Amerta Bhuana, Selat tersebut.

Hasil analiasis tersebut tentunya akan menjadi acuan untuk dilakukan perbaikan ke depanya.

“Dilihat dulu kajiannya, kalau memang dinilai mendesak untuk dilakukan perbaikan maka akan segera diperbaiki,” ujarnya.

Disinggung terkait truk galian C yang lewat di sana juga memperparah kerusakan jalan tersebut, Serinah tidak mengelak. Dirinya menilai jika ketentuan sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan maka pemeliharaan jalan akan berjalan dengan baik.

Hal ini tentunya menjadi hal yang harus dibicarakab secara menyeluruh antara pengusaha tambang, pemerintah Kabupaten dan juga Provinsi Bali dan pemerintah pusat serta pihak terkait lainnya.

Sepanjang hal ini belum sinkron tentunya akan sulit untuk mengatasi masalah kerusakan jalan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu semua pihak harus duduk bersama untuk mencari solusi.

Sementara itu  warga berharap ruas jalan ini segera mendapat penanganan. Selain jalan utama ke Pura Dang Khayangan, jalan ini juga merupakan jalan utama ke Galian C dan juga jalur utama evakuasi jika terjadi erupsi Gunung Agung. Sementara Gunung Agung sendiri sekarang ini belum normal dan masih pada level II.

Saat Gunung Agung level IV dulu jalur ini menjadi jalur evakuasi terpadat. Utamanya mengangkut pengungsi dari wilayah Sebudi, Badeg dan juga sekitarnya.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply