WNA asal Nigeria Overstay Lebih dari 60 Hari, Kini Ditempatkan di Rudenim

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Tim dari Bagian Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Bali, melakukan pemeriksaan terhadap seorang Imigran bernama Julius Obiefuna Obiwulu, Rabu (11/11/2020) kemarin di Ruang Detensi Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Denpasar. 

Imigran tersebut berasal dari kewarganegaraan Nigeria tidak memperpanjang kembali Visa Kunjungan Indeks yang telah hangus pada tanggal 01 Febuari 2020.

Berawal dari laporan dua orang saksi yang berasal dari masyarakat sekitar.

Baca juga: Venue Olahraga di Buleleng Mulai Dibuka untuk Tempat Latihan Atlet

Baca juga: Dorong Gairah UMKM di Tengah Pandemi, Dinas Koperasi Gelar Pelatihan Barista, Tata Rias dan Bakery

Baca juga: Sebagai Alternatif dari Pariwisata, Wagub Cok Ace Ingin Genjot Sektor Pertanian di Bali

Berdasarkan Surat Perintah Nomor : W20.GR.03.02-7083 tanggal 10 November 2020 Tim dari Bagian Intelijen dan Penindakan Keimigrasian sebanyak delapan petugas melakukan pengawasan di tempat kos yang beralamat Jalan Ciungwanara VI No.15
Denpasar. 

“Petugas mendapat informasi dari penghuni kos kamar lain, diketahui bahwa ada orang asing di kamar nomor tujuh,” ujar Humas Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali, I Putu Surya Dharma, Kamis (12/11/2020).

Ia menambahkan yang bersangkutan diperiksa dan didengar keterangannya sehubung dengan izin tinggal yang bersangkutan telah habis masa berlakunya sehingga menyebabkan yang bersangkutan overstay selama lebih dari enam puluh hari. 

Baca juga: Sosialisasi Pengawasan Pilkada, Bawaslu juga Beri Edukasi Ketahanan Pangan pada PKK Mengwi

Baca juga: Gojek Capai Transaksi Rp 170 Triliun di Tahun 2020, Memasuki Usia ke-10 di Tengah Pandemi

Baca juga: Kasus Video Syur Mirip Gisel dan Jessica Iskandar Sudah Naik ke Tahap Penyidikan

Sebagaimana yang telah dirumuskan dalam Pasal 78 Ayat 3 UU.No 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian yang berbunyi “Orang Asing pemegang izin tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam wilayah Indonesia lebih dari enam puluh hari dari batas waktu izin tinggal dikenai Tindakan Administrarif Keimigrasian berupa Deportasi dan penangkalan.

Lalu Tim akhirnya membawa yang bersangkutan beserta dokumen ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

“Imigran bernama Julius Obiefuna Obiwulu adalah Imigran asal Nigeria yang berusia 34 tahun datang ke Indonesia pada tahun 2019 menggunakan Visa Kunjungan Sosial Budaya dengan tujuan untuk mengunjungi kerabat keluarga yang bersangkutan
bernama Solomon menikah di Jakarta,” jelasnya.

Baca juga: Kasus Video Syur Mirip Gisel dan Jessica Iskandar Sudah Naik ke Tahap Penyidikan

Baca juga: Tak Pakai Masker dengan Benar, 57 Warga di Karangasem Dibina Petugas

Baca juga: Update Covid-19 Bali 12 November, Kasus Positif Bertambah 89, Sembuh 61, Meninggal 1

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply