Tak Perpanjang Visa karena Kehabisan Uang, WN Nigeria Diamankan

DENPASAR– Kantor imigrasi Kelas I TPI Denpasar mengamankan seorang warga negara asing (WNA) asal Nigeria.

Dia adalah Julius Obiefuna Obiwulu. Pria 34 tahun ini diamankan dan ditahan setelah masa izin tinggal habis alias overstay lebih dari 60 hari.

Seperti disampaikan Humas Kanwil Hukum dan HAM Bali, I Putu Surya Dharma, Kamis (12/11).

Melalui siaran persnya. Surya menjelaskan, kronologi penangkapan terhadap WNA asal Nigeriaini berawal dari adanya laporan masyarakat.

Atas laporan warga, selanjutnya pada Selasa (10/11) lalu, delapan orang dari Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian melakukan pengawasan di tempat kos Julius di Jalan Ciungwanara VI Nomor 15, Renon, Denpasar.

“Petugas mendapat informasi dari penghuni kos kamar lain, bahwa ada orang asing di kamar nomor tujuh,” beber Surya.

Setelah diperiksa, izin tinggal yang bersangkutan telah habis masa berlakunya lebih dari 60 hari.

Selanjutnya karena masa izin tinggal habis, sebagaimana dirumuskan dalam Pasal 78 ayat 3 UU Nomor 6/2011 tentang Keimigrasian, orang asing yang overstay dikenai tindakan administrarif keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan.

Tim akhirnya membawa yang bersangkutan beserta dokumen ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kata Surya, dari hasil pemeriksaan sementara, habisnya masa izin tinggal Julius karena yang bersangkutan mengaku kehabisan uang.

Sesuai catatan imigrasi, Julius datang ke Indonesia pada 2019 menggunakan visa kunjungan sosial budaya dengan tujuan mengunjungi keluarganya yang menikah di Jakarta.

Selanjutnya, pada 28 Januari 2020, Julius terbang ke Bali untuk keperluan mendapatkan visa Timor Leste.

Namun, meski masa izin tinggal sudah mau habis, Julius tidak melakukan perpanjangan dengan dalih kehabisan uang dan memutuskan bertahan hidup di Bali dengan kondisi seadanya.

“Julius tidak memperpanjang kembali visa kunjungan indeks yang telah hangus pada 1 Febuari 2020,” terang Surya.

Kini usai diamankan, ia ditahan di ruang Ditensi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply