Joe Biden Telepon Pemimpin Jepang, Korea Selatan, Australia, Trump Belum Menyerah Kalah

TRIBUN-BALI.COM, SEOUL – Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden melakukan panggilan telepon dengan pemimpin Jepang, Korea Selatan, dan Australia pada Kamis (12/112020).

Ini merupakan pembicaraan telepon pertama kali dilakukan Biden pascapemilihan presiden 3 November 2020.

Dengan pemimpin ketiga negara itu, ia menegaskan rencana kerja sama erat untuk menangani sejumlah isu regional dan global.

Tiga pemimpin negara kunci aliansi AS di kawasan Asia-Pasifik itu –Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison– bergabung dengan pemimpin dunia lain yang mengakui kemenangan Biden.

Di sisi lain, Donald Trump, presiden AS saat ini yang diprediksi gagal melanjutkan periode kedua jabatannya, belum mengakui bahwa ia kalah dari Biden dalam pilpres 3 November.

Baca juga: Jago Menikung, Hati-Hati dengan 4 Zodiak Ini, Scorpio Sangat Berbahaya kalau Ada Maunya

Baca juga: Didier Deschamps Andalkan Pemain yang Baru Pulih dari Cedera untuk Melawan Portugal

Baca juga: Minuman Tradisional Juga Dilarang Dalam RUU Larangan Minuman Beralkohol, Termasuk Arak dan Tuak?

Proyeksi kemenangan Biden muncul di tengah situasi pengaruh China secara ekonomi dan militer yang menguat di kawasan, juga setelah sekian kali dalam beberapa tahun terakhir hubungan China dan AS serta sekutu-sekutunya di Asia mengalami ketegangan di bawah pemerintahan Trump menyangkut masalah perdagangan, pertahanan, dan lingkungan.

Kantor Joe Biden menyebut bahwa semua pihak yang terlibat dalam panggilan telepon itu menyatakan keteguhan mereka untuk dapat menjalin hubungan bilateral serta menanggulangi masalah global bersama, antara lain mengenai pandemi Covid-19 dan perubahan iklim.

PM Suga juga memberikan keterangan bahwa ia berbicara melalui sambungan telepon dengan Biden dan mengonfirmasi pentingnya ikatan bilateral antara Jepang dan AS.

“Presiden terpilih Biden mengatakan bahwa ia berharap dapat memperkuat aliansi AS-Jepang serta bekerja bersama untuk mencapai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Suga kepada wartawan, dalam komentar terpisah di Kantor Perdana Menteri.

Sejumlah pemimpin negara besar dunia, seperti Inggris, Prancis, dan Jerman, telah menyampaikan ucapan selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya, sementara China dan Rusia belum melakukannya.

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply