Selandia Baru Kembali Catat Penambahan Kasus Positif Covid-19 Sehari Setelah Gelar Pemilu

TRIBUN-BALI.COM – Baru sehari menggelar Pemilihan Umum (Pemilu), Selandia Baru kembali mengonfirmasi kasus positif Covid-19 pada Minggu (18/10/2020).

Penambahan kasus positif tersebut terjadi tepat dua minggu setelah Perdana Menteri Jacinda Ardern menyatakan mereka telah berhasil mengalahkan virus corona itu di Selandia Baru.

Direktur Jenderal Kesehatan Ashley Bloomfield mengatakan, kasus terbaru ini melibatkan pekerja pelabuhan yang setelah dites lagi ternyata positif pada Sabtu sore (17/10/2020).

“Karena orang itu dites pada hari ia mengalami gejala, Kementerian Kesehatan dapat mengisolasinya dari kontak-kontak dekat,” ujar Bloomfield dikutip dari AFP.

Baca juga: Bisakah Melakukan Perjalanan ke Singapura di Tengah Pandemi Covid-19? Bisa! Ini Syaratnya

Kemungkinan pekerja tersebut tertular pada Rabu, 14 Oktober.

Pengumuman ini datang sehari setelah Partai Buruh-nya Ardern memenangkan pemilu.

Penanganan PM Ardern terhadap pandemi virus corona dinilai salah satu faktor ia terpilih lagi.

Menjelang pemungutan suara, Ardern yang partainya memenangkan 64 dari 120 kursi parlemen, menjulukinya sebagai “pemilu Covid”.

Wanita 40 tahun itu berkampanye tentang keberhasilan pemerintahannya memberantas penularan virus corona di Selandia Baru, dengan mencatatkan 25 kematian dari 5 juta populasi.

Pada Mei Selandia Baru menyatakan telah mengalahkan penularan virus corona di dalam negeri.

Akan tetapi klaster baru muncul di Auckland pada Agustus dan membuat kota besar itu lockdown lagi selama beberapa pekan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sehari Usai Pemilu, Kasus Virus Corona Muncul Lagi di Selandia Baru

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply