Menkominfo Imbau Masyarakat Cegah Hoaks dan Disiplin Menerapkan 3M

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny G Plate mengungkapkan sejumlah informasi yang harus masyarakat tahu mengenai vaksin Covid-19 agar tidak ada celah disinformasi atau hoaks yang beredar lalu menjadi polemik.

Menteri Johnny juga mengimbau masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Menteri Johnny mengatakan pihaknya akan memberikan sosialisasi perihal tersebut secara jelas dan baik kepada masyarakat.

Hal ini penting karena disebutkannya ada beberapa masalah yang betul-betul krusial terkait vaksin dan harus menjadi perhatian seluruh pihak.

Pertama, mengenai jumlah vaksin yang tersedia.

Baca juga: Survei: Publik Yakin Vaksin Covid-19 Merah Putih Akhiri Pandemi

Baca juga: Tragis, Siswi SMA Rekam Detik-detik Aksi Bunuh Diri, Diduga Stres karena Tugas Daring

Baca juga: Polisi Amankan 3 Pemuda Saat Balapan Liar di Bypass Ir Soekarno Tabanan

Menteri Johnny menegaskan, akan sulit melakukan vaksinasi pada seluruh masyarakat sekaligus karena distribusi vaksin sebenarnya dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan sebanyak 170 juta jiwa atau sekitar 60 persen dari total jumlah penduduk Indonesia akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Sementara Indonesia sendiri, memerlukan vaksin Covid-19 sebanyak 340 juta dosis dalam kurun waktu setahun.

Lebih lanjut, informasi lain yang perlu masyarakat tahu yakni sertifikasi medis dan label halal vaksin.

Menurut Johnny, saat ini pemerintah melalui MUI, BPOM dan WHO sudah menempuh tahapan yang seharusnya dilakukan. MUI akan mengeluarkan fatwa mengenai hal ini.

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply