Masalah Klasik Masuki Musim Hujan, Pemprov DKI Jakarta Siapkan Perahu di Setiap RW Rawan Banjir

TRIBUN-BALI.COM – Banjir masih menjadi masalah klasik yang dihadapi DKI Jakarta dan tak kunjung terselesaikan.

Memasuki musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun mulai menyiapkan langkah penanganan jika banjir kembali mengepung Ibu Kota.

Pemprov DKI Jakarta berencana menyediakan perahu di setiap wilayah RW yang rawan banjir ketika memasuki musim hujan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, menanggapi persiapan atisipasi banjir menjelang musim hujan, Minggu (18/10/2020).

“Kemarin Pak Gubernur juga meminta, di semua RW itu nanti disiapkan perahu bahkan ditaruh di RW-RW. Jadi lebih cepat lah apabila dibutuhkan,” ujar Riza, dikutip dari tayangan berita KompasTV, Minggu.

Baca juga: Bali Berpotensi Terdampak Fase Awal La Nina, BMKG: Waspada Curah Hujan Tinggi & Angin Kencang

Ariza menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta berupaya menambah ketersediaan perahu untuk penanganan banjir dengan merakit model terbaru berbahan aluminium.

Menurut dia, perahu tersebut dinilai bakal lebih kuat dan tahan lama dibandingkan perahu karet yang rawan rusak ketika terkena benda tajam saat digunakan untuk proses evakuasi.

“Jadi kalau perahu biasanya kita beli perahu karet. Sekarang ini kita enggak pakai lagi perahu karet. Kita pakai perahu dari seng alumunium,” kata dia.

“Soalnya kalau pakai perahu karet itu kena pager, kena paku langsung rusak langsung bocor itu. Jadi sekarang kita bikin sendiri rakit sendiri dibengkel, kita akan siapkan,” sambungnya.

Selain perahu, Ariza menambah bahwa pihaknya juga akan memfasilitasi setiap wilayah RW yang rawan banjir sejumlah alat bantu lain untuk penanganan becana banjir.

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply