Kawal Jogging, Oknum Patwal Langgar SOP, Netizen Bali Bereaksi Keras

DENPASAR – Publik Bali kembali digegerkan dengan viralnya video mobil Patwal mengawal tiga orang jogging di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar.

Video itu langsung viral diberbagai platform media sosial. Hingga berita ini diturunkan, video itu sudah ditonton ribuan orang.

Lantaran perlakuan istimewa terhadap beberapa pelari itu, pihak Propam Polda Bali segera ambil langkah.

“Setelah beredarnya video itu, petugas yang melakukan pengawalan langsung dipanggil. Pengemudi patwal sementara diperiksa Propam,” beber Kabidhumas Polda Bali Kombes Syamsi kemarin.

Oknum pengemudi patwal yang masih dirahasiakan identitasnya itu duga menyalahi standar operasional prosedur (SOP).

Dalam video tersebut, terlihat tiga orang dikawal berlari di jalan Bypass Ngurah Rai Denpasar dengan dikawal Patwal Polisi di depan dan sebuah mobil putih di belakang pelari.

Mereka dikawal ke sampai ke tujuan di sebuah tempat penginapan. “Ya, sejak siang tadi diperiksa, jadi belum terkonfirmasi hasilnya pemeriksaan,” bebernya.

Sayangnya, Polda Bali enggan membeberkan siapa sebenarnya orang yang dikawal oleh Patwal tersebut yang sampai memakan badan jalan.

“Saya tidak tahu yang dikawal siapa, tapi kami fokus melakukan pemeriksaan terkait dugaan kesalahan SOP pengawalan, jadi bukan siapa yang dikawal,” tandasnya.

Kecerobohan oknum patwal ini spontan mendapat reaksi netizen. Mereka berkicau sejak video itu diupload di media sosial.

”Penasaran. Kalau bukan karena the power of socmed, apakah para polisi ini akan tetap diperiksa?” tutur akun @cuestoavida.

Kecurigaan pun muncul di kalangan netizen terkait kelanjutan kasus ini. “Org2 psti udh tau endingnya gmana!” kata akun @ damress_iw.

“Kalo viral aja baru diproses ya pak….kalo ngga ya pake beli kuota. maju mundur endonesa.jadiin duta joging aja pak.jos,” beber akun @vicentiusady.

Reaksi keras dilontarkan akun @alexander_mahaputra. “Penggunaan mobil patwal itu ada SOP nya. Misalnya mengiringi jenazah, mengiringi kendaraan

yang membawa orang sakit, mengiringi kendaraan  pejabat publik, mengiringi kendaraan membawa barang berharga.

Intinya kendaraan yang berhak mendapat pengawasan dn perlindungan polisi agar mempercepat jalur kendaraan di jalan raya.

Kesalahan polisi dalam video tersebut adalah mengawal manusia yang jogging bersama peliharaan, tentu selain menganggu pengguna jalan raya lainnya

juga telah melanggar ketentuan SOP seorang pejabat kepolisian untuk di jalan raya”. Menarik ditunggu perkembangan kasusnya.

Sumber Radar Bali

Leave a Reply