Gandeng Tokoh Masyarakat, Polres Gianyar Bentuk WA Grup Peristiwa

GIANYAR – Memanfaatkan teknologi, Polres Gianyar membuat WhatsApp Grup (WAG) yang berisi para tokoh masyarakat.

WAG dengan program Gianyar Security Integrated System (GSIS) itu bertujuan untuk mempercepat akses informasi. Selanjutnya bisa ditindaklanjuti dengan cepat.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana menyatakan, program GSIS ini merupakan sebuah sistem yang dibangun lewat aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Kemudian mengintegrasikan pelaporan oleh masyarakat. Untuk selanjutnya diketahui oleh pihak yang berwenang.

“Ini ide dari staf di Polres Gianyar. Dari Wakapolres, para Kabag, dan Kapolsek ini dibuatlah sebuah group Whatsapp yang disebut GSIS ini,” tegasnya, saat peluncuran GSIS kemarin.

Untuk anggota di WAG tersebut, sudah dipilih. Mereka terdiri dari seluruh masyarakat di Kabupaten Gianyar.

Bahkan, stakeholder terkait dari pemerintah Gianyar juga masuk di dalam WAG tersebut. Instansi terkait,

diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD); Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP); Palang Merah Indonesia (PMI) dan pihak lainnya.

Nantinya, lewat GSIS ini, tokoh masyarakat dapat melaporkan berbagai macam kejadian atau peristiwa yang terjadi di wilayahnya.

“Jadi dalam rangka memberikan berbagai informasi ataupun laporan dari masyarakat berkaitan dengan berbagai hal yang terjadi di lingkungannya masing-masing,” ungkapnya.

Selanjutnya, dari laporan masyarakat yang masuk dalam sistem ini, bila terdapat laporan terkait tugas kepolisian, maka akan dilakukannya tindaklanjut.

“Tentunya di group Whatsapp ini apabila ada laporan yang masuk berkaitan dengan tugas pokok kepolisian, ini tentunya akan memberikan respon cepat baik dari Polres maupun Polsek juga ada yang di Desa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Gianyar, Putu Gede Pebriantara yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi inovasi Polres Gianyar ini.

“Gianyar Security Integrated System sebagai suatu langkah cepat atau quick respons dari kepolisian. Dimana para tokoh masyarakat menjadi anggota GSIS ini,

kalau ada kejadian tentang Kamtibmas yang ada di masyarakat sehingga dengan group WA saja sudah bisa diketahui sehingga bisa lebih cepat bisa memberikan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya. 

Sumber Radar Bali

Leave a Reply