Forapi Jaya dan Kemenpar Adakan Pelatihan Calon Auditor Pariwisata Bidang Usaha Hotel

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Forum Auditor Pariwisata Jaya, disingkat Forapi Jaya mengadakan pelatihan calon auditor pariwisata bidang usaha hotel di H Sovereign Bali.

Pelatihan ini akan dilakukan mulai 7-11 Oktober 2020, dan sebagian besar diikuti para general manager hotel, food & beverage manager, food & beverage direktur, executive chef, akademisi dan praktisi pariwisata lainnya, yang semuanya berjumlah 31 orang. 

 
Pembukaan acara pelatihan auditor ini, dilakukan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa.

Pelatihan auditor ini, sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang standar usaha hotel.

Titik Kumpul Keberangkatan Pasien Covid-19 Digeser dari Dishub ke Dinkes Buleleng

Protes Pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja, Massa Aliansi Bali Tidak Diam Sebut DPR Bodoh

Pemprov Bali Khawatir Demonstrasi Tolak Omnibus Law Jadi Klaster Penyebaran Covid-19

“Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan calon auditor ini, akan menambah para auditor pariwisata profesional yang selama ini masih sangat kurang di Bali,” ujar Wakil Ketua Umum DPP IHGMA, I Made Ramia Adnyana, Kamis (8/10/2020). 

Nantinya, para calon auditor pariwisata ini dapat membantu pemerintah sesuai Undang – Undang Nomor 10 tahun 2009, tentang Kepariwisataan.

Pada pasal 55 tertera, bahwa Sertifikasi Usaha Pariwisata dilaksanakan Lembaga Sertifikasi Usaha Bidang Pariwisata.

Kemudian sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2012, tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata pasal 20, tertera bahwa salah satu persyaratan pendirian Lembaga Sertifikasi Usaha Bidang Pariwisata adalah memiliki auditor.

BREAKING NEWS – Demonstrasi Penolakan Penetapan UU Omnibus Law, Jalan Puputan Renon Lumpuh

Terlibat Adu Mulut Berujung Penganiayaan, Korban Alami Bengkak pada Wajah dan Penggumpalan Darah

Tidak Hanya Bertumpu pada Pariwisata, Bupati Suwirta Paparkan Program Pemulihan Ekonomi

Acara pembukaan juga turut dihadiri para stakeholder pariwisata Bali, seperti PHRI Bali, GIPI Bali, dan terutama lembaga sertifikasi usaha yang beroperasi di Bali yaitu LSU PBM, LSU TUV Rheinland, LSU Harapan Mulia, yang tergabung dalam PKSUPI (Perkumpulan Kegiatan Sertifikasi Usaha Pariwisata Indonesia).

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply