BREAKING NEWS : Hakim Putuskan Sidang Tatap muka Pada Peradilan Jerinx SID Selanjutnya

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Sidang dugaan ujaran kebencian dengan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx (JRX) kembali digelar secara online di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (6/10/2020).

Sidang kali ini mengagendakan pembacaan putusan sela oleh majelis hakim.

Dalam salah satu putusan selanya, majelis hakim telah bersikap dan menyatakan sidang selanjutnya, Selasa (13/10/2020) akan digelar secara tatap muka atau offline.

“Berkaitan dengan sidang putusan sela, bahwa keberatan atau eksepsi dari penasihat hukum terdakwa Jerinx ditolak oleh majelis hakim,” jelas Ketua PN Denpasar, Sobandi.

Selain itu pihaknya menyatakan, dari putusan sela yang telah dibacakan di persidangan, majelis hakim telah bersikap bahwa sidang pemeriksaan saksi dan terdakwa akan dilakukan sidang tatap muka atau offline.

“Itu keputusannya. Kita sama-sama mendengar pertimbangannya untuk lebih efektif mendapatkan kebenaran materil. Baik penuntut umum, penasihat hukum, terdakwa maupun majelis hakim,” terang Sobandi.

Ditanya mengenai persiapan pengamanan sidang, Sobandi akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian, juga TNI.

“Kami dalam mendukung keputusan majelis hakim ini akan berkoordinasi dengan pihak keamanan. Polisi dari Polda dan Polres, maupun TNI atau dengan pemda mengenai ini (keamanan) agar protokol kesehatan tetap dijalankan di persidangan offline,” tegasnya.

Sobandi juga memberikan catatan, bahwa nanti akan ada pembatasan jumlah pengunjung yang datang ke PN Denpasar.

“Pengadilan hanya menampung 130 pengunjung sidang atau tamu. 90 orang bisa diduduk di halaman luar ruang sidang. 40 orang terbagi di beberapa ruang sidang. Semuanya harus mematuhi protokol kesehatan. Mengenakan masker, jaga jarak, cuci tangan. Kami juga siapkan alat pengukur suhu,” jelasnya

Sumber: Tribun Bali

Leave a Reply